Thursday, December 15, 2011

Meniup Sopran


Di dalam marching band, section Hornline dibagi menjadi 3 subsection yaitu high brass, middle brass, dan low brass. Posisi saya adalah middle brass sebagai pemain flugel. Sudah lama saya mempunyai keinginan di posisi high brass memainkan sopran atau biasa disebut trumpet. Beberapa hari yang lalu ketika sedang pemanasan, asisten pelatih saya mendengarkan tiupan saya secara detail. Mungkin yang ia dapati adalah suara tiupan saya yang agak kasar cenderung ke suara sopran. Suara sopran memang agak kasar, sedangkan suara flugel itu halus. Maka asisten pelatih saya itu menyuruh saya untuk mencoba memainkan sopran. Saya sendiri sudah berkali-kali mencoba meniup sopran karena saya memang ingin. Tapi itu hanya sekedar selingan saja. Sedangkan disuruh oleh asisten pelatih saya untuk meniup sopran baru kali ini. Tentunya saya sangat senang. Saya ambil sopran dari boxnya, lalu saya tiup. Saat meniup, perasaan saya tidak menentu. Senang tapi juga hampir putus asa karena sopran itu lebih sulit tiupannya. Alhasil, tiupan saya tidak bagus dan harus latihan dari nol lagi supaya lebih baik. Hal itu tidak menjadi hambatan bagi saya. Yang penting saya harus mengasah skill supaya tiupan saya semakin hari semakin baik.

 Sopran / Trumpet


  Flugel




Sumber foto : http://www.musicalinstrumenthaven.com/bach-tr200-trumpet.aspx, http://www.music123.com/Brass-Instruments/Flugelhorns/Intermediate-Flugelhorns/BFH-1540T-Artist-Series-Bb-Flugelhorn.site7prod464045.product

Nama : Astria Rahmania
NPM  : 10109709
Kelas  : 3KA19

No comments:

Post a Comment